Kamis, 24 Oktober 2013

Tugas sistem informasi akuntansi

1. apa yang dimaksud dengan sistem informasi akuntansi dan organisasi bisnis? jelaskan dengan teori yang ada!

jawaban : sistem informasi akuntansi dan organisasi bisnis adalah kombinasi antar prosedur kerja,informasi,orang,dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

2. jelaskan bagaimana siklus-siklus pemrosesan transaksi?!

jawaban : (-)Siklus pendapatan. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan.
               (-)Siklus pengluaran. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan.
               (-)Siklus produksi . Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumberdaya menjadi barang dan jasa.
               (-)Siklus keuangan . Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas. 


3. apakah kaitan antara akuntansi dan teknologi informasi? 

jawaban : proses akuntansi merupakan proses yang tidak bergantung pada teknologi yang digunakan. fungsi dan pihak pemakai memproses informasi dengan perangkat lunak perangkat keras dan sumber daya profesional yang tersedia pada organisasi. hal itu untuk melaksanakan satu atau sejulah proses data. teknolgi informasi menggantikan peran manusia,dalam hal ini teknologi informasi otomasi terhadap suatu proses data dan menyakinnya dalam bentuk informasi. 

4. apa yang dimaksud dengan akuntan dan pengembangan sistem? jelaskan keterkaitan antar keduanya!

jawaban : Salah satu tujuan dari pengembangan sistem informasi akuntansi adalah menambah nilai bagi perusahaan. Sistem informasi akuntansi dapat memberi nilai tambah dengan :
a. Memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu.
b. Penerapan sistem informasi akuntansi meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya dalam mengumpulkan informasi ekonomi.
c. Membantu serta meningkatkan kualitas keputusan yang akan diambil oleh pihak manajemen.
d. Meningkatkan pembagian pengetahuan (knowledge sharing).
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar