Kamis, 07 April 2011

INSOMNIA

insomnia adalah kesulitan tidur.penderitaan ini banyak dialami manusia modern.sebuah survei diamerika mengungkapkan bahwa 30% orang dewasa mengalami kesulitan tidur.dan obat tidur adalah obat yang kerap digunakan.penderita sulit berangkat tidur dan tidak dapat mempertahankan tidur nyenyak.penderita insomnia kerap mengeluh bahwa siang hari merasa lelah,mudah marah dan merasa tak sanggup bekerja.

penyebab : penyebab utama insomnia lazimnya adalah kecemasan menghadapi suatu masalah(misalnya kabar buruk),tetapi sekitar 50% penderita menyebutkan sebab-sebab lain.
penyebab lain itu adalah gangguan fisik seperti apnea(gangguan pernapasan),kaki semutan,gangguan cahaya atau bunyi,gaya hidup,kecanduan obat tidur.

insomnia dapat merupakan gejala penyakit jiwa.penderita kecemasan dan depresi sukar tidur.penderita depresi biasanya terbangun pagi-pagi.tidur sedikit kerap dialami penderita mania,karna penderita pnuh gairah dan tenaga sehingga ia tidak perlu banyak tidur.skizofrenia kerap membangunkan penderitanya malam hari untuk berjalan-jalan,karna mendengar suara-suara atau delusi penderita dementia atau gangguan otak lainnya takut akan kegelapan,menjadi gelisah,dan berisik.

gejala putus obat tidur,anti depresi.obat penenang,dan narkotika kerap pula mengalami insomnia selama berminggu-minggu.
terkadang orang merasa insomnia karena pendapatnya yang keliru mengenai kebutuhan tidur.kebutuhan tidur sangat beragam,ada yang memerlukan waktu 4jam,ada juga yang 10jam.mereka yang merasa menderita penyakit insomnia itu lazimnya masih terjaga berjam-jam setelah berangkat tidur,tetapi akan tidur biasa setelah larut malam(menjelang pagi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar